Ajarkan anak kita berenang.
Mengapa?
Untuk alasan kesehatan sudah pasti, untuk alasan perkembangan tubuh anak tentunya. Namun ada banyak hikmah non fisik yang dapat kita ambil dan semestinya kita terangkan kepada anak dari proses belajar renang.

Pertama
Mengajarkan anak untuk dapat survive di lingkungan yang berbeda, bahkan di lingkungan yang ekstrem sekalipun.
Dalam renang, kita diajarkan untuk dapat tetap bergerak di lingkungan yang berbeda (air). Hal ini dapat melatih anak untuk senantiasa menjadi pribadi yang siap dalam menghadapi lingkungan yang berbeda baik fisik maupun culture.

Kedua
Mengajarkan anak untuk dapat beradaptasi terhadap lingkungan bahkan yang ekstrem sekalipun. Cepat beradaptasi dengan lingkungan namun tidak mengorbankan karakter maupun fitrah sucinya. Di lingkungan yang tidak biasa (air) anak diajarkan untuk mampu beradaptasi dan senantiasa mampu bergerak tanpa harus menjadi “ikan”.

Ketiga
Mengajarkan anak untuk mempunyai keahlian (skill) dalam menghadapi masa depan, keahlian / keterampilan yang mumpuni untuk senantiasa bergerak mencapai tujuan, di lingkungan yang tidak kondusif sekalipun.

Keempat
Mengajarkan anak untuk tidak “tenggelam” dalam lingkungan yang dapat mencelakakan dirinya, mengajarkan anak untuk gigih dalam memegang prinsip. Tidak tenggelam, tetap berada di permukaan dan senantiasa “bergerak” menuju cita-cita.

Kelima
………………
……………..

Keenam
……………
……………

Ketujuh
……………
…………..

Dst

Masih banyak hikmah yang bisa digali dari belajar renang bagi anak.
Pembaca punya pendapat? Silahkan tulis komentar Anda untuk menyempurnakan tulisan ini.

Demikian, mohon maaf jika tidak sependapat dengan pembaca.

arie prasetya
ayah zaky & zahra
https://beranibaca.wordpress.com