Selalu ada peristiwa yang pertama kali kita alami. Sadar atau tidak kita semua pasti mengalami peristiwa pertama kali, kadang kita tidak menyadari bahwa saat yang pertama kali itu selalu meninggalkan kesan, bisa kesan buruk, kesan baik atau kesan yang biasa saja.
Ingatkah Anda kapan waktu pertama kali berenang, naik sepeda, naik kereta, naik mobil? Ingatkah Anda bagaimana rasanya masuk sekolah pertama kali, jalan-jalan tamasya bersama orang tua Anda? Ingatkah Anda bagaimana rasanya dipuji atau dimarahi orang tua Anda untuk pertama kalinya?
Semua peristiwa selalu ada kali pertamanya, dan seiring waktu kita semakin dewasa peristiwa kali pertama itu sering terulang kembali, bahkan ada yang berubah menjadi rutinitas yang kerap membosankan, ketika itu terjadi, antusiasme berkurang dan tidak lagi berkesan.

GOLDEN TIME

Jika Anda memiliki anak / keponakan yang masih kecil, INGAT mereka sedang berada di masa-masa yang hampir sebagian besar peristiwa yang mereka alami adalah peristiwa KALI PERTAMA, jangan remehkan setiap peristiwa tersebut yang kerap kita anggap peristiwa sepele, sebagai contoh, berenang, mungkin bagi kita berenang adalah peristiwa biasa, namun bagi anak kita (anak kecil) itu adalah peristiwa luar biasa dan kemungkinan besar sangat berkesan bagi mereka. Bantu mereka melakukan eksplorasi terhadap kolam renang, berikan mereka ruang gerak yang cukup untuk petualangan mereka.
Malam ini, anakku Muhamad Zaky Firmansyah untuk sekian kali melakukan “adventure” bakar ikan, aa zaky masih saja antusias mengikuti proses menyalakan kayu bakar (arang), masih antusias mengipas-ngipas arang, dan tidak cape-capenya bicara mengomentari tiap proses bakar ikan tersebut. Bagi dia, itu adalah Golden Time yang berjudul bakar ikan bersama ayah.

Buat kita yang sudah dewasa peristiwa “biasa” mungkin tidak menimbulkan kesan yang mendalam, namun lain halnya jika yang mengalami peristiwa “biasa” tersebut adalah anak-anak kita yang baru kali pertama mengalami peristiwa tersebut.

Sebaiknya, tiap orang tua terutama saya senantiasa dapat menghadirkan dan menciptakan Golden Time untuk anak-anak kita, jika semua peristiwa sudah menjadi “biasa” maka kreatifitas dan inovasi baru dalam “memodifikasi” peristiwa “biasa” agar senantiasa menjadi peristiwa yang luar biasa selayaknya selalu kita usahakan untuk anak-anak kita dengan harapan Golden Time senantiasa mereka rasakan saat bersama kita (orang tuanya)

Demikian, mohon maaf jika tidak sependapat dengan pembaca.

I Love You my kids !!! Let’s we create golden time in every activities that we do.

arie prasetya
ayah zaky & zahra
https://beranibaca.wordpress.com