Ada pepatah yang bilang diam itu emas. Pertanyaannya apakah semua diam itu emas? Kapan kita bisa mengatakan bahwa diam itu emas? Diam seperti apa yang disebut emas?

Jika diam seseorang membuat orang lain kesal, bingung, dan diamnya gak enak dilihat maka diam orang tersebut bukan emas bukan pula besi sekalipun, entah apa namanya diam yang seperti itu mungkin bisa kita bilang diam nyebelin.

Jika diam seseorang karena takut bersuara di depan pemimpin yang kurang tepat bahkan salah dalam menentukan kebijakan maka diam seperti itu namanya diam takut.

Jika diam seseorang karena tidak tahu mau berbuat apa dalam suatu situasi dan kondisi tertentu maka diam seperti itu namanya diam bingung.

Jika diam seseorang membuat orang lain tenang, nyaman tentram, menambah ketaatan, menaruh hormat kepada sang pendiam, enak dan teduh dilihat, mampu menjawab kesulitan atau permasalahan, aura yang terpancar menginspirasi orang yang melihatnya untuk jadi lebih baik dan menemukan solusi, diam yang bukan mendiamkan, diam yang menentramkan, menyenangkan, meneduhkan, menyejukkan hati, maka diam itu adalah diam emas bahkan lebih mulia lagi.

Nah bagaimana dengan kita, seperti apa diam kita?

Saya diam pada saat ngambek, saya diam saat saya kesal, saya diam saat lelah bicara, saya diam saat sakit.. Sungguh diam saya masih diam yang menyebalkan, diam yang gak enak dilihat, diam yang tak bermakna….

Bagaimana dengan Anda? Semoga diam Anda lebih mulia dari saya.

arie prasetya
ayah zaky & zahra