Financial independence? Menurut Anda apa definisi dari financial independence? Menurut saya, pengertiannya adalah suatu kondisi dimana uang bukan lagi menjadi sebuah hambatan dalam meraih setiap keinginan. Kondisi dimana seseorang ataupun organisasi (besar/kecil) tidak lagi dipusingkan oleh kondisi kuantitatif (jumlah) uang dalam menjalankan hidup/programnya.
Dimana posisi kita sekarang? Apakah sudah dalam kondisi financial independence?
Apakah dengan keberlimpahan uang kita berada dalam posisi financial independence?
Apakah dengan keterbatasan jumlah uang seseorang tidak bisa mencapai posisi financial independence?
Menurut saya seberapapun jumlah uang yang dimiliki, seseorang dapat berada dalam kondisi financial independence jika mampu menyelaraskan antara keinginan dengan kondisi kuantitatif maupun kualitas uang/benda yang dimilikinya.
Idealnya financial berlimpah keinginan tidak “berlimpah” sehingga keberlimpahan financial yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kemaslahatan orang banyak agar tiap orang mampu mencapai posisi financial independence (secara proporsional tentunya). Karena financial independence berkaitan dengan kuantitatif dan KUALITATIF dari uang yang dimiliki maka jangan harap para koruptor nista hina dina itu dapat meraih posisi tersebut, semakin banyak korupsi semakin jauh mereka dari posisi tersebut.
Demikian menurut saya, bagaimana menurut Anda?

arie prasetya
ayah zaky & zahra