Taman Ade Irma Suryani, terletak di kota Bogor, di dalam kawasan yang dikenal dengan nama taman topi, dekat stasiun Bogor.
Sekian tahun saya tinggal di bogor baru beberapa minggu terakhir ini saya mengetahui ada taman bermain tersebut, itupun tidak sengaja pas waktu saya dan istri mau belanja dan kebetulan melintasi taman topi dan istri saya kasih tau ke saya bahwa di dalam ada taman bermain untuk anak dan baru hari Minggu yang lalu (02012011) saya bersama keluarga mengunjungi Taman Ade Irma Suryani.
Dengan harga tiket masuk Rp. 5.000 per orang kita sudah bisa menikmati taman tersebut, di dalam taman terdapat berbagai wahana dengan tarif yang berbeda, ada monorail, bombomcar, komedi putar, perahu air, bombomboat, dan lain lain termasuk juga flying fox. Memang wahana yang ada sudah terlihat lawas namun relatif masih terawat dan masih bisa memberikan pengalaman yang menarik dan berkesan buat anak-anak. Ternyata dulu sewaktu istri saya tercinta masih kecil pernah juga diajak bermain di taman ini, dan kondisinya tidak jauh berbeda, luar biasa, taman ini masih bisa bertahan di tengah maraknya tempat rekreasi baru yang bermunculan di kota bogor dan sekitarnya.
Saya sangat terkesan dengan taman ini, kebersahajaannya, keteduhannya dan tentunya memiliki nilai sejarah, dengan mengambil nama salah seorang pahlawan nasional korban pemberontakan PKI. Nama taman ini sarat akan sejarah, setidaknya jika anak bertanya jawaban yang terlontar bernilai pengetahuan sejarah. Sayang, tempat rekreasi yang bermunculan sekarang tidak seperti itu dalam memberikan nama, sekarang banyak yang memakai bahasa atau istilah bahasa bangsa lain. Tidak salah, hanya saja jika lebih indonesia-wi tentunya akan mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada anak-anak, walau sedikit dan sesaat.
Jangan lupakan sejarah !!!
Taman Ade Irma Suryani saya yakin pernah mengalami masa kejayaannya sebagai taman rekreasi favorit di kota Bogor, jika Anda sewaktu kecil pernah diajak orang tua Anda ke taman rekreasi yang saat ini mungkin tempat tersebut sudah punah atau terancam punah selayaknya Anda mengajak putra/pitri Anda ke sana, dengan harapan Anak mengerti akan sejarah masa lalu, tentunya sejarah yang dapat dimengerti oleh anak.
Demikian, semoga dapat memberi inspirasi, selamat bernostalgia bersama keluarga.

arie prasetya
ayah zaky & zahra