Saras sang gadis rumput

24 Komentar

**************************************************

Chain Posting adalah permainan menulis gaya blogger Bogor (blogor). Setiap blogger yang terlibat dalam permainan ini, diharuskan melanjutkan postingan yang dibuat oleh blogger sebelumnya. saya berada pada posisi ke lima setelah ontohod.com (alif).

untuk memahami cerita ini dengan baik dan bingung pembaca diwajibkan membaca rangkaian cerita sebelumnya di sini :

1. BLognya echa : http://echaimutenan.blogspot.com/2010/11/saras-sang-gadis-rumput.html

2. blognya kang achoey : http://cucuharis.wordpress.com/2010/11/10/saras-sang-gadis-rumput-bagian-dua/

3. blognya windy : http://www.sekenhom.co.cc/blog/2010/11/10/saras-sang-gadis-rumput-bagian-tiga/

4. blognya kang alif: http://ontohod.com/saras-sang-gadis-rumput-bagian-4.html

***********************************************************************

 

Setelah mengetahui bahwa si Saras gadis rumput adalah putrinya sendiri, pak bagyo mengalami gangguan kejiwaan yang lumayan serius….. Selama beberapa minggu ia seolah hidup di dunia khayal, kadang ia merasa sedang berada di wonderland, kadang ia merasa bahwa mahluk-mahluk hijau adalah saudaranya. Pak Bagyo hilang ingatan dan akhirnya pihak keluarga memutuskan untuk merawatnya di rumah sakit jiwa Cilendek.

Istri dan anaknya yang bernama greeny merasa iba sekali dengan kondisi pak Bagyo, tiap hari mereka menjenguk pak Bagyo di rumah sakit, tiap pagi dan sore hari pak Bagyo selalu berlari keliling lapangan sambil berteriak menyebut nama Saras. Istri pak Bagyo dan greeny anaknya bingung kenapa ayahnya selalu menyebut-nyebut nama Saras, siapa Saras ini pikir mereka????

Istri dan anak Pak Bagyo menanyakan kepada dokter tentang kondisi pak bagyo,”Pak dokter, apa yang bisa membuat suami saya bisa kembali normal, dan mengapa dia selalu menyebut nama Saras?”. Dokter hanya menggeleng,”saya tidak tahu siapa Saras itu bu, tapi sepertinya seseorang yang bernama Saras ini benar-benar sangat berarti buat Pak Bagyo, lebih baik ibu mencari tahu tentang Saras ini, mudah-mudahan melalui Saras pak bagyo bisa kembali normal.”

Akhirnya istri dan anak Pak Bagyo memutuskan untuk mencari informasi tentang siapa Saras, mereka mencari informasi dari teman-teman dekat pak bagyo namun hasilnya nihil sampai akhirnya pada suatu hari mereka menemukan sebuah surat yang ditulis oleh Saras untuk Pak Bagyo mereka membacanya dengan seksama dan mereka KAGET sekaget-kagetnya…. Apppaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Tidaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Marah, kesal, iba dan perasaan lainnya bercampur aduk di dada istri dan anak pak bagyo, mereka tidak menyangka bahwa masa lalu pak bagyo demikian “geuleuh”nya, tidak bertanggung jawab !!! Untuk beberapa saat mereka terdiam dan akhirnya mereka memutuskan untuk mencari tahu dimana keberadaan Saras, mereka mencoba mencari tau nomor handphone saras di hp milik pak bagyo,”Ahaaa… ini dia no hp saras”, pekik greeny putri pak bagyo. Tidak membuang waktu, greeny langsung menelepon Saras.. kriiiingggg kriiinggggg “Halo, betul ini Saras”, tanya greeny. “Iya bener, ini siapa ya?, jawab Saras. Lalu greeny menceritakan tentang kondisi pak Bagyo awal sampai dengan akhirnya ia menemukan surat Saras. Tangis Saras meledak setelah mendengar cerita greeny. Saras berjanji besok pagi dah tiba di bogor untuk menjenguk pak Bagyo.

Keesokan harinya, di rumah sakit jiwa, istri pak bagyo, anak pak bagyo greeny dan Saras berkumpul di loby rumah sakit, mereka berpelukan, menangis, istri pak bagyo tampak sedih melihat Saras, anak tirinya yang selama ini ditelantarkan oleh pak Bagyo….. Istri pak bagyo tidak marah kepada pak bagyo…. dia malah iba dan sayang kepada Saras… Berjalan perlahan mereka bertiga menemui pak Bagyo di kamarnya, ketika melihat Saras, pak Bagyo menangis keras, dan berjalan menghampiri Saras memeluknya,”maafkan bapak nak, maafkan bapak, maafkan bapak”, disertai dengan tangis pak bagyo terus saja mengucapkan kata maaf kepada Saras. Dokter yang melihat itu langsung menyatakan bahwa pak Bagyo telah sembuh dari stress beratnya dan pak Bagyo sudah boleh pulang.

Setibanya di rumah pak Bagyo berkata,”Maafkan aku istriku, maafkan aku greeny, maafkan aku Saras, untuk menebus kesalahanku di masa lalu yang telah melakukan illegal logging, bapak akan membuat organisasi yang bernama Yayasan Bahagia Bersama Tanaman, bapak akan melakukan pembibitan tanaman dan menanam setiap lahan kosong yang ada di wilayah ini dengan tanaman Bapak.”

Seluruh keluarga pak Bagyo mendukung niatnya, terutama Saras yang memang peduli akan lingkungan.

Demikian cerita ini saya akhiri dengan akhir yang bahagia…… Jika ada kesamaan nama dan sifat maafin ya, namanya juga cerita… kalo mau protes, protes ke echa aja, soalnya dia yang pertama kali bikin tokoh yang ada di cerita ini… thanks guys, blogor, maju terus………

******************* THE END ************************************

SoempahPemoeda 2.0

16 Komentar

….Prolog…..

Gak perlu basa basi tulisan ini dibuat karena ada lomba menulis yang diadakan oleh pro XL, dan tentunya menginginkan kemenangan yang berhadiah. Itu motivasi awal penulisan, namun saat mulai menulis (di dalam kereta Pakuan Express sepulang kerja), saya mulai sadar ada yang harus saya lakukan untuk bangsa ini, walau hanya dalam bentuk sebuah tulisan, agar nanti bangsa ini lebih mampu mengelola aset bangsa dengan bijaksana untuk kemakmuran bangsa hingga anak cucu kita nanti dapat nyaman menikmati perjalanan mereka dengan “public transportation” yang nyaman di lingkungan yang asri. Simple banget ya harapannya? Simpel tapi untuk mewujudkannya diperlukan komitmen seluruh unsur bangsa. Dari rakyat kecil sampai presiden. Masa iya sih untuk urusan “public transportation” aja diperlukan komitmen seluruh unsur bangsa? (Kalo gak percaya renungkan, kalo gak ketemu juga hubungi saya, nanti saya paparkan pemikiran saya tentang hal tersebut). Untuk urusan yang terlihat sepele aja diperlukan komitmen seluruh elemen bangsa apalagi untuk urusan kemakmuran bangsa tentunya diperlukan komitmen yang luar biasa hebat dan tak tergoyahkan.

**********************************

Please no more bullshit let’s do the real thing for the glory of our nation !!!

Tiap tahun Sumpah Pemuda dirayakan, masa kejayaan bangsa ini diputar ulang, sifat heroik pemuda masa lalu dikenang-kenang dalam berbagai kesempatan. Hasilnya???

Bangsa kita saat ini masih jauh dari kemakmuran di tengah berlimpah ruahnya kekayaan alam negeri ini.

Kenapa kita masih terpaku mengenang kejayaan pemuda masa lalu, kenapa kita tidak ciptakan sumpah kita sesuai dengan kekinian zaman kita saat ini, okelah 3 poin sumpah pemuda zaman dulu (pemuda era 1928) yang sangat nasionalis itu tetap kita pegang kuat, sekarang zamannya sudah beda, dulu gak ada google translate, dulu mereka gak perlu menguasai bahasa inggris untuk menghadapi persaingan, dulu mereka gak perlu punya gadget canggih untuk melakukan komunikasi, dulu …. dulu… dulu…. dulu….. Beda banget sama sekarang !!!! Beda banget bro !!! Udah jelas-jelas beda masa sih sumpahnya masih sama juga, tambahin dong, tambahin sumpah kita, sekarang dah gak ada penjajah secara fisik, menjajah secara fisik dah gak canggih dan gak elegan. Penjajahan sekarang sudah lebih halus namun “high impact” bro. Penjajah sekarang dah pinter gak konvensional lagi kayak zaman dulu. Modus penjajahan zaman sekarang sudah sangat halus hingga kita tidak mampu mendeteksinya secara fisik, coba lihat kondisi aktual saat ini, di tengah berlimpah ruahnya kekayaan alam di negeri kita sebagian besar rakyat masih jauh dari standar kemakmuran, ke mana larinya pundi-pundi kekayaan alam negeri ini. Wake up folks !!!!

Jangan terjebak dengan permasalahan-permasalahan remeh yang tidak perlu kita sumpah serapahi. Bukan masanya lagi kita turun ke jalan teriakan sumpah serapah yang tidak mampu memberikan kontribusi konstruktif yang nyata buat bangsa ini.

Saat ini kita butuh lebih banyak Sumpah yang konstruktif !!! Tidak cukup dengan 3 sumpah versi 28101928, kita perlu upgrade sumpah pemuda bangsa ini menjadi versi 2010 yang lebih mendunia, interaktif, lintas batas, dan lebih efektif serta “high impact” bagi kemakmuran bangsa ini. Apapun profesi dan kondisi Anda saat ini, tidak memandang usia (karena muda adalah kondisi jiwa bukan kondisi fisik), kita semua harus mampu mengucapkan sumpah yang dapat kita penuhi sebagai pribadi dan sebagai bagian dari bangsa ini.

Say your commitment for the glory of our nation, loudly !!!

Jangan terlalu muluk dalam bersumpah, mulai lah dari yang sederhana, sumpah pemuda versi 2010 harus low cost high impact !!!!

Dari kumpulan-kumpulan sumpah para pemuda era 2010 semoga bangsa ini dapat meraih kemakmuran dengan percepatan yang luar biasa, dengan prinsip low cost high impact semoga terjadi “booming” munculnya pribadi-pribadi yang handal dalam berkarya demi bangsa sesuai dengan potensi masing-masing para pemuda.

Let’s start listing our commitment !!!

Sebagai bagian dari estafeta perjalanan bangsa, sebagai pemuda versi 2010 kita sebaiknya tetap memegang sumpah pemuda versi 28101928, mari kita lanjutkan….

Here we go !!!!!

SoempahPemoeda 2.0

1. ………..

2. ……….

3. ……….

(Point 1,2,3 = Soempah Pemoeda versi 28101928)

4. Saya, Arie Prasetya, bersumpah akan menjadi kepala keluarga yang baik untuk keluarga saya (konsekuensi dari sumpah ini saya harus senantiasa memperbaiki diri saya, senantiasa belajar, senantiasa bekerja lebih cerdas untuk memakmurkan keluarga dan lingkungan di sekitar saya, setidaknya walau sedikit mampu memberikan kontribusi positif untuk bangsa ini)

5. Saya, Arie Prasetya, blogger Bogor yang hobi ngeblog bersumpah untuk senantiasa menulis mengenai banyak hal positif yang saya anggap perlu.

6. Saya pemuda Indonesia bersumpah jika jadi pejabat atau wakil rakyat tidak akan korupsi dan akan selalu berorientasi pada kemakmuran bangsa

7. Pro XL … Kami bersumpah akan memberikan pelayanan jaringan komunikasi dan data yang murah dan gak lemot untuk bangsa Indonesia terutama untuk di wilayah timur Indonesia,(karena di wilayah timur Indonesia kalo saya dinas keluar kota pro XL masih kalah sama kompetitornya T*******L hehehe ngarep mode on)

8. ……

9. …..

10. ….. dan seterusnya s/d (jumlah pemuda yang peduli akan bangsa ini)

So guys, that’s my commitment.. What’s yours ?????

Tell me loudly !!!

That’s all folks, see you at the vertical limit the place where only brave men/women can reach..

%d blogger menyukai ini: