Bagaimana cara Anda menyayangi orang yang Anda cintai? Beragam jawaban akan muncul, karena memang tidak semua orang sama dalam mengekspresikan rasa sayangnya, tidak semua orang sama dalam hal kualitas mencintai dan dicintai. Namun saya yakin tujuan tiap orang sama dalam menyayangi yaitu untuk memberikan kebahagiaan (dunia akhirat) kepada orang yang disayangi, menjaganya dari hal-hal yang dapat merusak kebahagiaan yang disayangi, menjaganya dari berbagai hal yang dapat merusak dirinya. (jika tujuannya bukan yang tersebut di atas menurut saya perlu berpikir ulang untuk menyayangi seseorang)
Konsekuensinya seseorang akan menerapkan “kebijakan” terhadap orang yang dicintainya demi terwujudnya tujuan menyayangi tersebut. Kebijakan ini disesuaikan dengan tingkat kebijaksanaan subjek dan usia subjek yang dicintai. Penerapan kebijakan ini terkadang perlu waktu untuk dapat dipahami secara paripurna oleh subjek yang mencintai dan dicintai. Kebijakan ini bukan hal yang bersifat tetap, bisa berubah berdasarkan situasi dan kondisi, kebijakan ini akan berubah ke arah yang lebih matang dan efektif jika dipelajari dan direnungkan dengan seksama. Proses matangnya sebuah kebijakan memerlukan waktu dan menuntut kesabaran dan pengertian.

*************************************

Jika seseorang mencintai pasangannya yang tergantung akan narkoba tentu orang tersebut akan berusaha melepaskan pasangannya dari ketergantungan tersebut. Jika seseorang mencintai anaknya yang punya hobi tawuran tentunya orang tersebut akan berusaha sedemikian rupa agar anaknya menghindari tawuran. Jika seseorang mencintai orang orang shaleh (alim ulama) tentunya orang tersebut akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan nasehat / wejangan orang shaleh tersebut. Demikian seterusnya……
Bagaimana Anda menyayangi orang-orang yang Anda sayangi?

********************************

Aa maafin ayah yang kadang suka marah sama Aa, ayah marah karena menurut ayah apa yang Aa lakukan tidak baik untuk Aa. Karena kebijakan ayah baru sebatas itu, doakan ayah agar lebih bijaksana dalam bersikap kepada Aa sehingga dapat menerapkan kebijakan yang lebih efektif untuk kita.
Cayangku, maafin ayah yang terkadang kurang memahami kebijakan yang mama terapkan dalam menghadapi berbagai kelalaian ayah. Doakan agar ayah mampu bersikap bijaksana dan memberikan teladan yang baik untuk keluarga kita.
Apapun kebijakan mama saat ini ayah cuma bisa berkata, “I love the way you love me !!!”.

***********************
@ pakuan express 06.40
***********************

arie prasetya
ayah zaky & zahra