Sebuah lembaga dalam suatu komunitas masyarakat yang sangat besar yang dibentuk untuk menjaga stabilitas dan tegaknya aturan-aturan yang berlaku mempunyai tanggung jawab dan prestise yang lebih tinggi dibanding anggota masyarakat lainnya. Lembaga seperti itu seyogyanya mempunyai performance yang tidak memalukan dirinya sendiri dan tidak memalukan masyarakat yang diayominya.

Semua lembaga yang dibentuk dalam sebuah komunitas masyarakat yang sangat besar PASTI mempunyai Visi Dan Misi yang berorientasi pada kemaslahatan masyarakat. Dan jika dalam perjalanannya sebuah lembaga bertindak zalim terhadap masyarakat atau pada sebagian kecil masyarakat maka dapat dipastikan lembaga tersebut telah tercemari oleh hal lain di luar dirinya dan pencemaran ini dapat terjadi karena ada proses pembiaran ataupun “ijin” dari orang-orang yang berada di lembaga tersebut terutama pimpinan dalam lembaga tersebut. Jika hal ini sudah terjadi maka mau tidak mau akan sangat baik dan efektif  jika orang-orang yang terlibat dalam proses pembiaran tersebut di GANTI, masih banyak orang-orang yang mampu menjaga Visi & Misi mulia agar tetap berada dijalannya.

Saya kesal jika melihat orang baik dizalimi, dan orang zalim tidak menyadari kezalimannya….

Saya marah jika melihat orang zalim berkata seakan-akan dirinya benar dan bijaksana……..

Ya  saya marah dan kesal, semoga kemarahan ini cepat reda sejalan dengan adanya perbaikan yang nyata di lembaga yang saya sayangi… Amin

Marhaban ya ramadhan… Semoga berkah bulan ramadhan mampu membuka hati mereka. Amin