tot10

Pernahkah kita merasa bahwa kita akan lebih jika kita dapat merubah diri ini? merubah sikap? penampilan dan perubahan lainnya yang menurut kita dapat menghantarkan kita pada kondisi yang lebih baik?

Jika pernah berarti kita tengah berada pada suatu titik yang sangat indah. Perubahan itu terkadang dirangsang oleh faktor eksternal yang kemudian berproses (bisa cepat / lambat) dalam diri kita, memancing sisi dalam diri kita, sedikit banyak mempengaruhi cara pandang kita terhadap sesuatu. Perubahan cara pandang ini akan membawa kita pada pemahaman baru bahkan terkadang mampu mengarahkan kita pada visi yang benar-benar baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya…..

Tidak selalu mulus perjalanan perubahan ini, akan ada hambatan internal maupun eksternal. Contoh hambatan internal adalah keraguan atau ketakutan kita akan respon dari pihak luar jika kita melakukan perubahan, contoh faktor eksternal adalah keadaan lingkungan (alam dan manusianya) yang kurang kondisif dalam proses perubahan tsb.

Tiap pilihan senantiasa ada resiko dari yang kecil sampai pada resiko besar….

Manusia adalah mahluk sempurna, jadi jika perubahan tersebut mengarahkan kita pada titik kesempurnaan kenapa tidak kita lakukan… apapun resikonya…

Demikian, tulisan ini membutuhkan respon, pendapat, dan masukan dari pembaca untuk penyempurnaan, yang jelas saat ini maaf jika ada perubahan sikap dari saya yang kurang berkenan namun saya senantiasa berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi sesama terutama untuk keluarga saya, istri dan anak-anak saya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini.