Sebagian dari kita mungkin pernah dihinggapi keraguan akan masa depan. Pernah menghadapi situasi dan kondisi sulit yang membuat kita “lemah” tidak tahu lagi mau berbuat apa?. Pernah dibenturkan kepada persoalan yang melumpuhkan hati, bahkan putus asa. Pernah dihinggapi rasa kecewa yang mendalam dan perasaan-perasaan yang gak enak lainnya. Kita seolah tidak bisa menghindar dari itu semua, kita seolah berada di dalam kotak hitam yang gak ada pintunya, gelap, sulit untuk menemukan jalan keluar.

“Haahhhh”, tarik nafas dalam-dalam sudah berkali-berkali, sembari megangin kepala pula, mikir sudah berjam-jam tapi tetap saja jalan keluar belum ketemu, tetap aja “pusing”, gak tahu mau gimana lagi. Ibarat ponsel sudah ngedrop banget, perlu dicharge lagi, mending kalau chargernya ada, udah ngedrop charger tak ada pula. Kompleks banget deh permasalahan.

Dalam kondisi kaya’ gini baca buku yang mengarahkan kita untuk tetap optimis sekalipun kadang gak mempan. Curhat dengan teman atau orang terdekat kita sekalipun belum tentu mampu mengurangi beban dalam hati dan pikiran. Seolah-olah sendirian dalam menghadapi masalah besar.

Jika sudah seperti ini gak ada pilihan lain selain sujud berlama-lama kepada Tuhan Sang Pencipta kita, Alloh Ta’ Ala. Curhat habis-habisan dengan Alloh, akui aja semua kesalahan kita, gak perlu takut, Alloh Maha Pengampun kok. Akui kelemahan kita, gak perlu malu, memang kita manusia yang lemah kok. Ajukan segala harapan-harapan kita, yakinkan hati, Alloh Maha Kaya, Maha Besar, Maha Penyayang, Maha Memberi. Menangislah di hadapan Alloh senangis-nangisnya. Berlama-lamalah menghadap Alloh, jujurlah di hadapan Alloh Yang Maha Mengetahui.

Teman, jika datang kemudahan setelah kesulitan mari kita sama-sama mengingatkan diri kita untuk senantiasa dapat berlama-lama dalam sujud kepada-Nya. Ingatkan aku untuk senantiasa mesra kepada-Nya.

…………………………………………………………………………….

Ya Alloh, ampuni aku yang kerap lupa akan keagungan-Mu,

Ya Alloh ampuni aku yang kerap angkuh melangkah kala kemudahan Kau anugerahkan kepadaku.

Ya Alloh ampuni aku,

Ya Alloh ampuni aku,

Ya Alloh ampuni aku.